Bisnis BMT AL-HIJRAH

BISNIS BMT AL-HIJRAH

Bisnis BMT AL Hijrah terdiri dari Unit Baitul Maal dan Baitul Tamwil. Unit Baitul Maal memberikan pelayanan yang berkaitan dengan penghimpunan dan penyaluran zakat, infaq, dan shodaqoh. Sedangkan Baitul Tamwil, menawarkan produk-produk simpanan dan pembiayaan dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah, serta menawarkan bagi hasil yang kompetitif dalam produk simpanan.

1. BAITUL MAAL

Unit Baitul Maal merupakan unit yang berada dalam bagian Divisi BMT Al Hijrah. Usaha inti yang dijalankan berupa menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh. Saat ini Baitul Maal juga telah bekerjasama dengan BAZNAS dalam penyaluran dana kepada golongan yang berhak menerima. Selain menyelenggarakan event sosial, Baitul Maal juga memprakarsai pelaksanaan pelatihan yang berhubungan dengan keagamaan untuk masyarakat sekitar dan pengajian rutin internal.

Unit Baitul Maal merupakan unit yang berada dalam bagian Divisi BMT Al Hijrah. Salah satu tujuan pendirian unit ini tidak lepas dari keinginan KAN Jabung untuk dapat memberikan manfaat lebih kepada stakeholders khususnya dalam pengelolaan dana zakat, infaq dan shodaqoh. Seiring berjalannya waktu, kini Baitul Maal semakin memperluas eksistensinya selain menghimpun dan menjalin kerjasama dalam penyaluran, Baitul Maal juga bergerak dibidang pengembangan SDM khususnya kegiatan-kegiatan keagamaan.

2. BAITUL TAMWIL

Pada awal pendiriannya, Divisi BMT Al Hijrah masih berupa unit dengan dua orang karyawan. Sebelumnya KAN Jabung juga telah memiliki Unit Simpan Pinjam berbasis konvensional. Pada tanggal 28 November 2009, BMT didirikan sebagai langkah nyata KAN Jabung untuk memiliki usaha-usaha yang berbasis syariah. Sehingga satu tahun kemudian, Unit Simpan Pinjam dilikuidasi dan menjadikan BMT Al – Hijrah KAN Jabung menjadi satu-satunya lembaga keuangan yang dimiliki oleh KAN Jabung. Seiring dengan perkembangannya, BMT mampu memperluas pasar dengan membuka 3 kantor kas secara bertahap. Dimulai dengan pendirian Kantor Kas Dengkol-Singosari, Kantor Kas Wates dan  Kantor Cabang Sumenep. Diharapkan kedepan BMT semakin meningkatkan kualitas dan layanan kepada pelanggan. Selain menawarkan bagi hasil yang kompetitif dalam produk simpanan, Baitul Tamwil Al Hijrah juga memberikan pembiayaan dengan margin yang bersahabat, khususnya untuk kebutuhan pendanaan untuk petani,  peternak dan pengusaha desa.

Instagram